Sunday 14 September 2008

IMPIAN MANUSIA ?

ANDA PUNYA BANYAK PILIHAN
Kenalilah pilihan-pilihan anda; biasanya anda mempunyai lebih dari satu pilihan. Jika anda tidak suka pada pilihan yang ada, cari terus sampai menemukannya.
Anda bisa membuat keputusan terbaik jika memilih dari pilihan-pilihan yang ada, bukan dari perasaan terpaksa untuk mengambil sikap tertentu. Bahkan seandainya "pilihan paksaan" itu adalah pilihan yang baik, selalu ada hambatan alami yang disebabkan oleh perasaan terpaksa melakukan sesuatu, dan karenanya anda tidak sepenuhnya mendukung pilihan itu.
Anda selalu mempunyai pilihan, sekalipun pilihan itu hanyalah melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu. Jika anda merasa dipaksa mengambil keputusan, atau hanya dihadapkan pada pilihan ya atau tidak, pendekatan yang lebih produktif adalah mengajukan pilihan-pilihan tambahan.
Di sinilah asal kreativitas. Ada sejumlah teknik pembangkit kreativitas yang dimaksudkan untuk membantu pembuatan keputusan: brainstorming atau olah pikir, visualisai kreatif, mengambil pendekatan yang berlawanan, mencari kesamaan-kesamaan dalam hal-hal yang tidak saling berkaitan, dan membiarkan pikiran bawah sadar mengurusi masalah anda semalam suntuk, sementara anda terlelap tidur.
Anda akan heran betapa banyak kesempatan baru yang bisa anda temukan dengan cara ini.
Cobalah renungkan :
1. Berapa banyak pilihan yang anda kehendaki sebelum membuat keputusan?
2. Proses apa yang anda gunakan untuk mendapatkan pilihan lebih banyak dalam situasi tertentu?
3. Bagaimana anda akan menggambarkan perasaan terjebak pada satu pilihan saja?

(diadaptasi dari "Reflections for Managers," Bruce Hyland dan Merle




No comments: