Monday 10 August 2009

Kebebasan


Kebebasan pada dasarnya keinginan setiap mahluk di dunia ini. Akan tetapi adanya faktor-faktor yang mempengaruhi kebebasan itu antara lain salah satunya lingkungan.
Lingkungan ini yang paling berperan dalam mencapai kebebasan itu. contoh anjing di atas, dia akan merasa nyaman seandainya si tuan pemilik anjing memberikan kebebasan untuk melakukan apa saja sesuai dengan keinginan si pemilik( si pemilik menerimannya).
Sama halnya dengan kita sebagai mahluk yang sempurnya katanya, kok kita merasa kebebasan jarang kita dapatkan. Norma-norma yang ada pada masyarakat kita sering menjadi bumerang untuk mendapatkan kebebasan itu ( metegul tanpe tali), yang secara otomatis akan mengekang kebebasan itu.
Di masyarakat kita Bali khususnya banyak sekali manusia-manusia yang kasat mata sakit secara rohani dari norma-norma yang ada dalam masyarakat, yang lambat laun membuat masyarakat akan tergerus dari teknologi maupun berkembang mental dalam jangka panjang. Disinilah peran kita sebagai individu dan masyarakat di harapkan belajar dan ambil keputusan yang cepat agar mendapatkan mengerti dan memahami arti dilahirkan di bumi pertiwi ini.

No comments: