Sunday 16 May 2010

Pura Sakenan di malam Malam Hari Raya Galungan.

Sore hari pada tanggal 12 Mey 2010 aku dapat sms dari teman, Di hari-hari besar seperti ini  teman , sahabat  saudara  biasanya  mengucapkan selamat hari raya,  ehhhhh ternya Ketut Darmana sms mengajak ke Pura Dalem Sakenan untuk (tangkil) melakukan persembahyangan.
Untuk mempercepat waktu SMS aku balas Ok, karena ada waktu luang, apalagi aku senang ketempat-tempat suci.  Silahkan jemput aku dan telp teman lainnya siapa saja yg ikutan. Berapa jam kemudian datanglah mereka berdua kira-kira jam 9 malam, dan Made Apion menyusul, peserta jadinya 4 orang. Selanjutnya langsung kami meluncur ke lokasi Pura.
Suasana emang sangat sepi dan aura di sana emang masih terasa bagus. Kamu melakukan sedikit ritual untuk masuk ke halaman pura, dan  selanjutnya membuka pintu gerbang yg di ikat sama tali ( yg tidak terkunci) menuju ke halaman utama pura, kamu bertiga berjalan menuju ke pura utama yang palung barat, persiapan berupa (Pejati)  dan lain-lainnya semua  kami siapkan untuk kami haturkan kepada Hyang Widhi penunggu Pura disana. Beberapa menit kemudin hpku berbunyi ternyata Made Apion menyusul, langsung saya suruh dia masuk ke halaman pura, karena lokasinya yg sedikit jauh dari  Jaba Pura Made Apion sedikit agak canggung untuk masuk, katanya harus di jemput di luar pura.
Begitulah ceritanya kami berempat bisa sampai di Pura Dalem Sakenan. KAmi bercerita mengenai sejarah Pura dan banyak lagi sampai jam satu Malam kami pulang kerumah masing-masing.